Tentang CV Amanah Transporter

Monday, August 20, 2018

Kota Tanjung Pinang - Kepulauan Riau

Kota Tanjung Pinang - Kepulauan Riau

Kota Tanjung Pinang - Propinsi Kepulauan Riau

   

Sekilas Tentang Tanjung Pinang

Kota Tanjungpinang atau Tanjung Pinang (disingkat Tg. Pinang) adalah ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kota ini terletak di Pulau Bintan dan beberapa pulau kecil seperti Pulau Dompak dan Pulau Penyengat, dengan koordinat 0º5' LU dan 104º27' BT. Kota Tanjung pinang dahulunya adalah pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga. Sebelum dimekarkan menjadi kota otonom , Tanjung Pinang Merupakan Bagian Dari Provinsi Riau . 

Kota ini memiliki cukup banyak daerah pariwisata seperti Pulau Penyengat yang hanya berjarak kurang lebih 2 mil dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, Pantai Trikora dengan pasir putihnya terletak kurang lebih 65 km dari kota, dan Pantai Buatan yaitu Tepi Laut yang terletak di garis pantai pusat kota sebagai pemanis atau wajah kota (waterfront city). 

Pelabuhan Laut Tanjung Pinang di Sri Bintan Pura memiliki kapal-kapal jenis feri dan feri cepat (speedboat) untuk akses domestik ke pulau Batam dan pulau-pulau lain seperti Kepulauan Karimun dan Kundur, serta kota-kota lain di Riau. Pelabuhan ini juga merupakan akses internasional ke Malaysia dan Singapura.  



Sejarah Tanjung Pinang

Berdasarkan Sulalatus Salatin, Kota Tanjung Pinang merupakan bagian dari Kerajaan Malaka. Setelah jatuhnya Malaka ke tangan Portugal, Sultan Mahmud Syah menjadikan kawasan ini sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Malaka. Kemudian menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Johor, sebelum diambil alih oleh Belanda setelah mereka menundukan perlawanan Raja Haji Fisabilillahtahun 1784 di Pulau Penyengat.


Pulau Penyengat Tanjung Pinang[/caption] Pada masa Hindia Belanda, Tanjungpinang merupakan pusat pemerintahan Karesidenan Riouw. Kemudian di awal kemerdekaan Indonesia, menjadi ibu kota Provinsi Riau. Pada tahun 1957, Tanjungpinang menjadi ibu kota Provinsi Riau. Namun dua tahun kemudian ibu kota propinsi itu dipindahkan ke Pekanbaru . Setelah itu statusnya menjadi Kota Administratif hingga tahun 2000. Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2001, pada tanggal 21 Juni 2001 statusnya ditingkatkan menjadi Kota Tanjungpinang. Pusat pemerintahan yang semula berada di pusat Kota Tanjungpinang, kemudian dipindahkan ke Senggarang (bagian utara kota) . Hal ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan serta mengurangi kepadatan penduduk yang selama ini berpusat di Kota Lama (bagian barat kota). Pada tahun 2002, Kota Tanjungpinang kembali menjadi ibu kota provinsi, yakni Provinsi Kepulauan Riau.  


Akses Menuju Tanjung Pinang

Untuk Menuju Tanjung Pinang , Anda bisa Menggunakan Moda Transportasi Pesawat Terbang . Tanjung Pinang sendiri sudah Ada Bandar Udara nya yang bernama Bandara Raja Haji Fisabilillah . Saat ini Bandara Tanjung Pinang sendiri telah didarati pesawat Terbang mulai dari jenis Boing hingga Pesawat Baling baling . Dengan Rute Kota Kota besar seperti Jakarta , Pekanbaru dan Batam . Selain itu Bandara Tanjung Pinang Juga melayani Rute Kota kota Kecil yang menjadi Wilayah Propinsi kepulauan Riau . Seperti Rute Ke Matak ( Kabupaten Anambas ) , dan Ranai ( Kabupaten Natuna ) . Selain Dengan Pesawat Terbang , Kita bisa menuju Tanjung Pinang melalui Jalur Laut . Tanjung Pinang memiliki 3 Jenis Pelabuhan Penghubung antar Propinsi . Yang pertama Pelabuhan Kijang , yang melayani Kapal PELNI ( Pelayaran Nasional Indonesia ) . Pelabuhan Kijang disandari oleh 3 Kapal Pelni yaitu KM Bukit Raya , KM Umsini , dan KM Dorolonda . Yang Kedua Adalah Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura , Yang melayani Kapal Cepat dari Batam , Singapore , Malaysia , Dan Dabo singkep . Pelabuhan yang baru saja selesai di renovasi tahun 2018 ini menjadi salah satu pintu masuk yang paling ramai dikunjungi pelancong yang ingin ke tanjung pinang . Kemudian Ada Pelabuhan ASDP di Pulau Dompak . Pelabuhan yang khusus membawa kendaraan dari pulau pulau di sekitar Tanjung Pinang ini letak nya terpencil . Sehingga tak Jarang penduduk Tanjung Pinang sendiri lupa keberadaannya .  



Tour and Travel Tanjung Pinang


Jika anda mempunyai Rencana berkunjung dan berwisata ke kota Tanjung Pinang , Anda bisa menggunakan Jasa Tour And Travel yang ada di Kota Tanjung Pinang . Salah satu nya adalah Amanah Transporter Tour Planner 328 . Tour And Travel ini sudah beroperasi di Tanjung Pinang sejak Tahun 2013 . Dan sudah berpengalaman dan terpercaya dalam melayani para Wisatawan baik lokal maupun internasional . Kami menyediakan Jasa Rental Kendaraan baik Mobil Kecil , sedang , dan Bis 27 Seaters . Selain Itu Amanah Transporter Tour Planner 328 juga melayani paket tour Bintan dan Paket Tour Batam - Singapore . Untuk info tentang Seputar Tanjung Pinang silahkan menghubungi Kami di Bawah ini . 




No comments:

Post a Comment

Dofollow Backlink - Just Put Your URL in Comment

Featured Post

Jasa SEO Jakarta Murah Dan Terbaik